Diet rendah karbohidrat mengalahkan kolesterol ‘baik’ rendah lemak
2 min read
BARU YORK – Dalam jangka panjang, diet rendah karbohidrat sama efektifnya dengan diet rendah lemak dalam menurunkan berat badan – dan mungkin lebih baik untuk jantung Anda, menurut penelitian baru.
Kedua pola makan tersebut meningkatkan kolesterol dalam penelitian dua tahun yang mencakup konseling kelompok intensif. Namun mereka yang melakukan diet rendah karbohidrat mendapat peningkatan kolesterol baik yang lebih besar, hampir dua kali lipat dibandingkan mereka yang melakukan diet rendah lemak.
Dalam penelitian sebelumnya, diet rendah karbohidrat memiliki kinerja lebih baik dengan penurunan berat badan dalam enam bulan, namun hasil jangka panjangnya beragam. Dan ada saran kolesterol lebih baik dari makan rendah karbohidrat.
Tes terbaru adalah salah satu tes terlama untuk membandingkan pendekatan-pendekatan tersebut. Pada akhir dua tahun, rata-rata penurunan berat badan keduanya sama – sekitar 15 pon, atau 7 persen.
Perbedaan utamanya terletak pada HDL, atau kolesterol baik: peningkatan 23 persen dari diet rendah karbohidrat dibandingkan dengan peningkatan 12 persen dari diet rendah lemak, kata Gary Foster, direktur Pusat Penelitian dan Pendidikan Obesitas Temple University, yang memimpin penelitian yang didanai pemerintah federal.
Dia mengatakan dorongan rendah karbohidrat adalah jenis yang bisa didapat dari obat-obatan yang meningkatkan HDL.
“Untuk diet, itu cukup mengesankan,” kata Foster.
Temuan yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine hari Selasa ini didasarkan pada penelitian terhadap 307 orang dewasa, dua pertiganya adalah wanita. Pesertanya mengalami obesitas tetapi tidak memiliki masalah kolesterol atau diabetes.
Setengahnya mengikuti diet rendah karbohidrat sesuai rencana Atkins dan setengahnya lagi menjalani diet rendah kalori dan rendah lemak. Semua menghadiri sesi kelompok untuk membantu mereka mengubah kebiasaan makan yang buruk, menjadi lebih aktif dan menjaga pola makan.
Para relawan menjalani pemeriksaan berkala terhadap berat badan, darah, kepadatan tulang, dan komposisi tubuh mereka. Setelah dua tahun, tidak ada perbedaan besar antara kelompok diet, kecuali kolesterol baik. Mengapa diet rendah karbohidrat memiliki efek lebih besar pada kolesterol baik masih belum diketahui, kata para peneliti.
Ketika pola makan rendah karbohidrat menjadi populer, para ahli khawatir bahwa pola makan tersebut akan meningkatkan risiko penyakit jantung karena memungkinkan lebih banyak lemak. Hasil terbaru menunjukkan kekhawatiran ini tidak berdasar, kata Foster. Pada kelompok rendah karbohidrat, terjadi peningkatan awal kolesterol “jahat”, yaitu jenis kolesterol yang menumpuk di arteri. Namun setelah dua tahun, kedua kelompok tersebut mendapatkan perbaikan kolesterol jahat yang serupa.
Kekuatan penelitian ini mencakup ukuran, panjang, dan lokasinya yang beragam—Denver, Philadelphia, dan St. Louis, kata Dr. William Yancy, dari Durham VA Medical Center di North Carolina.
“Ini adalah hasil yang harus kita yakini,” kata Yancy, yang telah melakukan penelitian diet serupa namun tidak terlibat dalam penelitian tersebut.
Foster, pemimpin penelitian, mengatakan para pelaku diet tidak perlu terlalu khawatir mengenai diet mana yang akan digunakan dan fokus pada menemukan dukungan atau teknik – seperti menuliskan apa yang mereka makan – yang membuat mereka tetap pada jalurnya.
“Tidak ada bedanya bagaimana Anda mencapai penurunan berat badan,” katanya.
Dengan adanya epidemi obesitas saat ini, diperlukan lebih dari satu pendekatan untuk mengatasi masalah ini, kata Yancy.
“Keduanya adalah pilihan. Diet ini berhasil,” katanya.