Juni 13, 2026

blog.hydrogenru.com

Mencari Berita Terbaru Dan Terhangat

Pola makan Barat meningkatkan risiko kanker payudara

2 min read
Pola makan Barat meningkatkan risiko kanker payudara

Wanita lanjut usia di Tiongkok yang mengonsumsi makanan ala Barat yang penuh daging dan makanan manis tampaknya memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan wanita yang hanya mengonsumsi kedelai dan sayur-sayuran, sebuah studi baru menyimpulkan.

Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara pola makan Barat yang banyak daging dan lemak dengan berbagai jenis kanker, serta penyakit jantung dan penyakit jantung. diabetes. Dan penelitian lain telah mengidentifikasi hubungan antara obesitas dan kanker.

Para peneliti mengatakan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara keduanya kanker payudara dan pola makan secara keseluruhan – tidak hanya makanan atau nutrisi tertentu – pada wanita Asia, yang telah lama memiliki tingkat penyakit yang lebih rendah dibandingkan wanita di Barat. Namun jumlah mereka mulai meningkat karena pola makan mereka menjadi lebih kebarat-baratan.

Penelitian tersebut, yang tidak bersifat definitif, mengamati kebiasaan makan umum sekitar 3.000 wanita di Shanghai, dengan rentang usia antara 25 hingga 64 tahun. Sekitar setengah dari kelompok tersebut telah didiagnosis menderita kanker payudara dan merupakan peserta dalam penelitian kanker payudara yang sedang berlangsung di Shanghai.

Semua wanita diwawancarai panjang lebar tentang diet mereka, menjawab pertanyaan tentang seberapa sering mereka makan 76 jenis makanan berbeda yang biasa ditemukan di Shanghai. Peneliti kemudian mengkategorikan wanita tersebut ke dalam salah satu dari dua kelompok diet.

Kelompok “daging-manis” banyak mengonsumsi daging merah, udang, ikan, manisan, makanan penutup, roti, dan susu. Kelompok “sayuran-kedelai” hanya mengonsumsi tahu, sayuran, tauge, kacang-kacangan, ikan, dan susu kedelai.

Wanita pasca-menopause yang mengonsumsi makanan manis-dagingan menunjukkan risiko 60 persen lebih besar terkena jenis kanker payudara yang paling umum, jenis kanker yang dipicu oleh hormon estrogen, dibandingkan dengan kelompok sayuran-kedelai, menurut para peneliti Amerika dan Tiongkok yang melakukan penelitian tersebut.

“Kami melihat efek yang paling jelas ketika kami mengamati wanita pasca-menopause yang kelebihan berat badan, jadi tampaknya ada interaksi antara pola makan yang diberi pemanis daging dan obesitas,” kata rekan penulis studi Marilyn Tseng, dari Pusat Kanker Fox Chase di Filadelfia.

Para peneliti tidak dapat mengatakan bagaimana kombinasi pola makan Barat dan obesitas dapat bekerja sama dalam mendorong kanker payudara.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention ini tidak menemukan hubungan, baik atau buruk, antara kanker payudara dan pola makan nabati-kedelai.

“Ini bukan sebuah terobosan, namun hal ini menambah bukti bahwa pola makan ada kaitannya dengan kanker payudara dan kanker lainnya,” kata Lawrence Cheskin, profesor kesehatan internasional dan nutrisi manusia di University of California. Sekolah Kesehatan Masyarakat John Hopkins Bloombergyang tidak terhubung dengan penelitian ini.

“Kami melihat peningkatan kasus kanker tergantung pada apa yang kita makan dan apakah kita mengalami obesitas.”

Tseng juga mengatakan bahwa penelitian ini seharusnya menjadi panduan yang tidak membuat frustrasi bagi siapa pun yang ingin menerapkan kebiasaan makan yang penuh perhatian, dibandingkan dengan penelitian yang sering bertentangan yang menyebut satu vitamin, mineral, atau makanan sebagai obat ajaib penangkal kanker.

“Hal ini memberi kita pemahaman yang lebih luas karena melihat pola makan secara keseluruhan dibandingkan hanya menargetkan satu elemen saja,” kata Tseng. “Dalam kaitannya dengan rekomendasi kesehatan masyarakat, hal ini cenderung memberikan kesan yang salah bahwa Anda dapat mengurangi risiko kanker payudara dengan melakukan satu komponen tertentu.”

Keluaran Sidney

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.